handy.my.id - Bandung
Daftar Isi
- Pengertian Penilaian Akhir Tahun
- Apa Saja yang Perlu diperhatikan Dalan Penilaian Akhir Tahun
- Lingkup Penilaian Akhir Tahun
- Tujuan Penilaian Akhir Tahun
- Bentuk Penilaian Akhir Tahun
- Mekanisme Penilaian Akhir Tahun
- Prosedur Penilaian Akhir Tahun
- Download Contoh Soal Penilaian Akhir Tahun 2022
Pengertian Penilaian Akhir Tahun
Penilaian Akhir Tahun atau yang disingkat PAT adalah kegiatan
Evaluasi akademik yang di lakukan di akhir semester genap untuk mengukur
ketercapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Lingkup yang
dinilai adalah seluruh indikator yang ada pada kompetensi dasar di semester
genap. Hasil dari penilaian ini dipergunakan untuk ketercapaian ketuntasan
belajar peserta didik yang hasil akhirnya akan di input di E-Rapor dan
dicetak untuk laporan kepada peserta didik itu sendiri dan kepada orangtua
atau wali murid, hasil Penilaian Akhir Tahun ini juga di pergunakan untuk
menentukan apakah peserta didik tersebut layak untuk naik kelas atau tidak.
Baca Juga : Contoh Format Penilaian Sikap
Apa Saja yang Perlu diperhatikan Dalam Penilaian Akhir Tahun ini?
Mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan berikut ini yang
harus diperhatikan;
I. Lingkup Penilaian
Tentunya Penilaian Akhir tahun ini dilakukan sesuai Permendikbud No. 23
Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan yang meliputi penilaian
hasil belajar oleh pendidik dan satuan pendidikan. Cakupan aspek
penilaiannya meliputi;
- Sikap (informasi deskripsi mengenai perilaku peserta didik),
- Pengetahuan (pengukuran penguasaan pengetahuan peserta didik), dan
- Keterampilan (pengukuran kemampuan peserta didik menerapkan pengetahuan dalam tugas tertentu).
II. Tujuan Penilaian
Penilaian Akhir Tahun yang dilakukan oleh satuan pendidikan ini bertujuan
untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan
hasil belajar yang berkesinambungan serta untuk menilai pencapaian Standar
Kompetensi Lulusan untuk seluruh mata pelajaran yang ada pada kurikulum
satuan pendidikan masing-masing.
Penilaian Akhir Tahun ini harus mengacu pada prinsip;
- Sahih
- Objektif
- Adil
- Terpadu
- Terbuka
- Menyeluruh
- Sitematis
- Beracuan Kriteria, dan
- Akuntabel
III. Bentuk Penialaian
Bentuk penilaian yang dilakukan oleh pendidik dan satuan pendidikan
dilakdiukan dalam bentuk ulangan, pengamatan, penugasan, dan atau bentuk
lain yang diperlukan oleh satuan pendidikan. Pada umumnya seluruh satuan
pendidikan melakukannya dengan ulangan serentak sesuai dengan arahan Dinas
Pendidikan masing-masing Kabupaten.
IV. Mekanisme Penilaian
Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam mekanisme Penilaian Akhir
Tahun ini, diantaranya;
- Penilaian aspek sikap dilakukan melalui observasi/pengamatan dan teknik penilaian lain yang relevan sesuai dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing dan pelaporannya menjadi tanggung jawab wali kelas.
- Penilaian aspek pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis, lisan, dan penugasan yang sesuai dengan kompetensi yang dinilai.
- Penilaian aspek keterampilan dilakukan melalui praktik, produk, proyek, portofolio dan atau teknik lain yang sesuai dengan kompetensi dasar yang dinilai.
- Bagi peserta didik yang belum mencapai KKM maka harus mengikuti pembelajaran remedi.
- Hasil penilaian sikap berupa Huruf dan Deskripsi, sedangkan untuk pengetahuan dan keterampilan berupa angka dan deskripsi.
V. Prosedur Penilaian
Prosedur penilaian yang dilakukan dalam Penilaian Akhir Tahun adalah sebagai
berikut;
- Menetapkan tujuan penilaian pada RPP yang sudah disusun oleh masing-masing guru mata pelajaran,
- Menyusun kisi-kisi penilaian,
- Membuat instrumen berikut dengan pedoman penilaian,
- Melakukan analisis apakah instrumen yang dibuat berkualitas dan layak untuk digunakan,
- Melakukan penilaian,
- Mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan hasil penilaian,
- Melaporkan hasil penilaian kepada peserta didik, orangtua / wali murid, dan pihak pihak lainnya yang terkait.
- Memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik maupun satuan pendidikan.
Itulah beberapa ketentuan yang menjadi hal wajib untuk di implementasikan
dan sebagai pendidik serta satuan pendidik bisa mengembangkan ketentuan ini
sesuai dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing tidak mengurangi yang
sudah menjadi acuan dasar dari pemerintah.
Penilaian Akhir Tahun 2022 ini jika dilihat dari hari efektif belajar
mengalami kekurangan untuk pertemuan pembelajaran apalagi terpotongnya KBM
dengan Liburan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri yang cukup panjang, sehingga
kita sebagai pendidik perlu menyesuaikan cakupan materi yang harus dinilai
baik pengetahuan dan keterampilan.
Berikut dibawah ini beberapa contoh soal penilaian akhir tahun yang bisa
dijadikan referensi untuk pembuatan instrumen soal penilaian Akhir Tahun 2022
Download Contoh Soal Penilaian Akhir Tahun 2022
- Soal PAT Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI)
- Soal PAT Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
- Soal PAT Bahasa Indonesia
- Soal PAT Matematika
- Soal PAT Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
- Soal PAT Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
- Soal PAT Bahasa Inggris
- Soal PAT Seni Budaya
- Soal PAT Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
- Soal PAT Prakarya
- Soal PAT Bahasa Arab
- Soal PAT Bahasa Sunda
Itulah beberapa penjelasan mengenai Penialaian Akhir Tahun dan contoh-contoh
soal PAT untuk Tahun Pelajaran 2021-2022. Mudah-mudahan bermanfaat.
Terimakasih