- Tujuan Pendidikan
- Konsep Merdeka Belajar
- Pengembangan Diri Guru Merdeka Belajar
- Kunci Pengembangan Guru Merdeka Belajar
- Mengenali miskonsepsi pendidikan sehingga peserta bisa berkembang menjadi Guru Merdeka Belajar yang menjadi penggerak perubahan pembelajaran.
- Mengenali konsep pengembangan diri Guru Merdeka Belajar sehingga bisa melejitkan karier dan sekaligus berkontribusi terhadap pendidikan
- Mendapat kesempatan dan pendampingan belajar lanjutan melalui program Kelas Merdeka Belajar.
Didalam Asesmen Pra Program Seri Guru Merdeka Belajar ini anda akan disajikan pertanyaan sebanyak 20 butir, mari kita simak pertanyaan dan jawabannya di bawah ini;
1.
Apa cara belajar guru yang
keliru?
o Menunggu instruksi dinas pendidikan
o
Mencari dan mencoba sendiri
di kelas
o
Menyisihkan gaji untuk
membeli buku
o
Bertanya pada teman guru
yang lain
2.
Apa ukuran keberhasilan
seorang guru merdeka belajar?
o
Murid menjadi juara olimpiade
o Murid bisa memberi kontribusi
o
Murid lulus dengan nilai
terbaik
o
Murid mengalahkan murid
lain
3.
Apa makna yang paling
menggambarkan merdeka belajar?
o
Belajar itu menyenangkan
o Belajar itu melibatkan
o
Belajar itu kewajiban
o
Belajar itu kebutuhan
4.
Apa pepatah yang paling
sesuai dengan semangat merdeka belajar?
o
Guru itu digugu dan ditiru
o Semua murid semua guru
o
Guru kencing berdiri, murid
kencing berlari
o
Guru adalah pahlawan tanpa
tanda jasa
5.
Apa pendapat yang keliru
tentang merdeka belajar?
o
Komitmen pada tujuan adalah
elemen merdeka belajar
o
Keterlibatan murid
merupakan kunci merdeka belajar
o
Merdeka belajar membuat
murid menentukan pilihan
o Kebebasan murid menjadi syarat merdeka belajar
6.
Apa makna guru merdeka
belajar?
o Guru mengatur sendiri tujuan, cara dan penilaian belajarnya
o
Guru bebas menentukan kapan
waktu belajar yang tepat
o
Guru bebas belajar apa
saja, di mana saja dan dengan siapa saja
o
Guru mengatur sendiri
proses belajar sesuai kemauannya
7.
Bagaimana cara yang efektif
bagi guru merdeka belajar melakukan perubahan pendidikan?
o
Mengajukan nama menteri
pendidikan yang tepat
o
Melakukan demonstrasi
perubahan pendidikan
o
Menjadi kepala dinas
pendidikan di daerahnya
o Melakukan perubahan praktik pengajaran
8.
Apa kondisi pendidikan yang
diresahkan guru merdeka belajar?
o Para murid yang belum merdeka belajar
o
Orangtua yang tidak mau
bekerjasama
o
Sarana dan kondisi fisik di
sekolahnya
o
Dampak negatif perkembangan
teknologi
9.
Manakah dorongan yang tepat
bagi guru merdeka belajar mengikuti pelatihan guru?
o
Narasumber pelatihan sudah
terkenal
o
Mendapat sertifikat untuk
naik pangkat
o
Janji menawarkan solusi
mudah dan cepat
o Topiknya sesuai kebutuhan guru belajar
10.
Apa yang menjadi penghambat
utama guru belajar?
o
Pekerjaan guru yang
bertumpuk banyak
o
Tidak ada dari dukungan
kepala sekolah
o
Tidak ada dana pengembangan
buat guru
o Belajar hanya menambah beban bagi guru
11.
Mana cara yang sesuai
dengan konsep merdeka belajar untuk membuat guru mengubah praktik
pengajarannya?
o
Memberi insentif yang besar
untuk semua guru yang bertugas
o
Memberi surat tugas bagi
guru untuk melakukan perubahan
o
Memberi hukuman/sanksi bagi
guru yang menolak perubahan
o Mengembangkan komunitas guru untuk melakukan perubahan
12.
Bagaimana proses belajar
bagi seorang guru merdeka belajar?
o
Penunjukkan, pelatihan,
penerapan, pencapaian
o Mencari cara, mencoba, gagal sebelum berhasil
o
Pelatihan, mempraktikkan
hasil pelatihan, berhasil
o
Belajar dari teman, praktik
dan berhasil
13.
Siapa narasumber terdekat
bagi guru merdeka belajar untuk memperbaiki dan mengembangkan strategi
pengajaran?
o
Ahli pendidikan dari kampus
ternama
o Guru yang telah terbukti berhasil
o
Pejabat dari dinas
pendidikan daerah
o
Peneliti yang lengkap data
penelitiannya
14.
Bagaimana cara belajar yang
efektif dalam pelatihan guru?
o
Ceramah yang panjang dengan
presentasi yang lengkap
o
Banyak kegiatan dan
permainan yang menyenangkan bagi guru
o Guru bisa mencoba, mendapat umpan balik dan memperbaiki
o
Cara apa pun yang penting
dilakukan pelatih dari ahli atau ternama
15.
Bagaimana relasi antar guru
yang mendukung pengembangan guru merdeka belajar?
o
Persaingan antar guru yang
menjadi sumber motivasi
o
Setiap guru fokus pada
tanggung jawabnya sendiri
o
Pengakuan terbuka terhadap
guru paling berprestasi
o Kolaborasi antar guru untuk mengembangkan diri
16.
Apa yang dilakukan guru
merdeka belajar ketika ditugaskan di sekolah yang kondisinya buruk?
o
Menyampaikan pengaduan ke
dinas pendidikan
o Mempengaruhi rekan guru untuk berubah
o
Menyampaikan keluhan pada
rekan guru
o
Melakukan protes ke media
massa
17.
Apa arti berbagi praktik
pengajaran bagi guru merdeka belajar?
o
Merugikan karena membuat
guru lain menjadi guru berprestasi
o
Menambah beban pekerjaan
guru yang sudah sangat banyak
o Saling belajar dan mendukung untuk perubahan pendidikan
o
Sangat membantu guru untuk
meringankan beban pekerjaan
18.
Apa ukuran guru
berprestasi?
o
Jumlah kemenangan di
perlombaan
o
Jumlah piala yang berhasil
diraih murid
o
Tanda jasa berprestasi dari
pemerintah
o Jumlah karya yang dihasilkan oleh guru
19.
Siapa penanggung jawab
pengembangan karier guru merdeka belajar?
o
Kepala sekolah dan pengawas
o Guru itu sendiri
o
Dinas pendidikan daerah
o
Menteri pendidikan
20.
Apa makna karier bagi
seorang guru merdeka belajar?
o
Menjadi kepala sekolah
o Berkarya dan berkontribusi
o
Mendapat tunjangan tambahan
o
Meluluskan banyak murid