Kelebi |
handy.my.id - Bukan rahasia lagi bahwa dalam beberapa tahun sejak diperkenalkan, Mobile Banking telah tumbuh dan berkembang secara eksponensial dalam popularitas. Faktanya, 4 dari 10 orang di Indonesia menggunakan aplikasi mobile banking mereka secara teratur dengan 71% populasi orang dewasa mengakses bank mereka melalui browser atau aplikasi mobile banking.
Jadi, mengapa begitu banyak orang yang melakukan perubahan ini, dan, apa kelebihan dan kekurangan dari mobile banking?
Lihat juga: 4 Cara Aktif Mengelola Baik Uang Anda
Kelebihan Mobile Banking
Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik
Pengalaman pelanggan yang positif sangat penting untuk kesuksesan bisnis apa pun dan bank tidak terkecuali. Aplikasi mobile banking adalah cara terbaik untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Salah satu cara terbesar yang terjadi adalah melalui peningkatan ketersediaan yang ditawarkan aplikasi mobile banking kepada pelanggan perbankan. Mobile banking tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan ini adalah sesuatu yang dibutuhkan pelanggan.
Pelanggan juga bisa mendapatkan pengalaman yang dipersonalisasi pada aplikasi perbankan seluler dengan menyesuaikan aplikasi dengan kebutuhan perbankan khusus mereka. Anda juga memiliki kendali penuh atas keuangan Anda sendiri di ujung jari Anda.
Kenyamanan
Alternatif untuk Switching Bank
Atau mereka dapat beralih ke perbankan seluler. Dengan demikian, mereka dapat tetap menggunakan bank yang sama dengan yang telah mereka miliki selama bertahun-tahun dan tidak perlu repot berpindah bank atau bepergian jauh untuk menyelesaikan tugas-tugas sederhana seperti membayar tagihan atau melihat transaksi mereka.
Fitur Keamanan
Mobile Banking memiliki banyak fitur tambahan yang hebat yang membuat aplikasi perbankan semakin aman seiring berjalannya waktu. Fitur seperti peringatan transaksi, yang mengirimkan peringatan ke ponsel Anda setiap kali akun Anda digunakan untuk transaksi, atau fitur otentikasi pelanggan yang kuat yang akan meminta Anda untuk mengotentikasi setiap transaksi yang Anda lakukan baik melalui aplikasi mobile banking atau perbankan anda.
Kekurangan Mobile Banking
Gangguan Teknis
Risiko Keamanan
Meskipun fitur keamanan semakin kuat pada aplikasi perbankan seluler, masih ada risiko yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, jika anda menggunakan aplikasi di beberapa perangkat, sehingga anda memiliki aksesibilitas maksimum, informasi detail anda tersebar di beberapa perangkat dan oleh karena itu, mungkin berisiko untuk disalahgunakan atau di hack.
Penting juga bahwa jika anda menggunakan perangkat yang berbeda, anda melakukan tindakan pencegahan untuk memastikan bahwa aplikasi dan perangkat anda aman, dan informasu yang anda gunakan untuk akun tersebut aman dan unik.